Fitur Classes atau Class adalah fitur OOP (Object Oriented Programming) pada pemograman C++, tujaan dari fitur Class ini salah satunya tidak lain agar Project atau Program yang kita buat lebit terstuktur. Terdapat beberapa fitur pendukung didalam class C++ yang bertujuan supaya lebih memudahkan para programer. Secara sederhana barikut beberapa fitur didalam class c++ dianranya Class itu sendiri, Property, Method atau Function, dan Instantiation atau Instansiasi.
Class adalah Cetak Biru atau blue print dari object. Cetak biru atau blue print itu sendiri hanyalah untuk membuat kerangka dasar dari beberapa object. dalam satu pemograman tidak dibatasi jumlah class didalamnya, begitu pula didalam satu class tidak dibatasi beberapa object didalamnya.
Analogi atau studi kasus dari Class untuk menyederhanakan pemahaman misalkan kita akan membuat satu pemograman sederhana katakanlah kalkulator dengan program C++, didalam program tersebut kita akan membuat satu Class dengan nama Kalkulator dimana Class ini akan kita gunakan sebagai kerangka dari kalkulator dan didalam Class Kalkulator kita juga akan membuat dua property sebagai data yang akan dioperasikan yaitu Bilangan_pertama dan Bilangan_kedua, juga didalam Class Kalkulator tersebut kita akan membuat beberapa method atau function yang berfungsi untuk mengoperasikan kedua property tersebut diantaranya Penjumlahan, Pengurangan, perkalian, pembagian, dll. dari sini kita sudah mempunyai kerangka dari pemograman kalkulator sederhana yang bisa kita gunakan berulang ulang tergantung kebutuhan program yang kita buat dengan cara instantiation atau instansiasi.
Berikut contoh penulisan Class :
Property adalah data dalam suatu Class. Dari studi kasus diatas terdapat dua Property Bilangan_pertaman dan Bilangan_kedua, kedua data atau Property tersebut yang nantinya akan kita kelola atau operasikan dalam beberapa Method.
Berikut contoh penulisan Property :
Method adalah tindakan yang akan mengelola suatu data dari suatu Class. Dari analogi diatas terdapat beberapa Method diantaranya Penjumlahan, Pengurangan, perkalian, pembagian, dll. Beberapa Method tersebut yang nantinya akan mengelola kedua data diatas apakah akan dijumlahkan, dikuragai, dibagi, dikalikan dll.
Berikut contoh penulisan Method :
Instantiation atau Instansiasi adalah proses pembuatan Objek dari suatu Class. Dari contoh studi kasus diatas Class Kalkulator hanyalah blueprint atau kerangka kerja, untuk menggukan Class Kalkulator butuh satu proses untuk menjadikan objek dari Class kalkulator maka dari proses inilah yang disebut dengan instantiation atau instansiasi.
Berikut contoh instantiation atau instansiasi :
Dari Classes dan studi kasus sederhana diatas terlihat hanyalah membuat kita semakin kesulitan dalam membuat suatu program, akan tetapi perlu diingat dalam membuat suatu aplikasi tentunya program kita akan memiliki line code (Kode Baris), bisa jadi 1rb baris code, 10rb baris code, 100rb baris kode bahkan jutaan baris kode yang tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan kode program yang sama, sehingga dengan konsep OOP (Object Oriented Programming) Kode baris program tersebut kita percah menjadi beberapa Class atau beberapa file, dimana nantinya akan membentuk modul-modul program, inilah yang sering kita sebut modularity.
Pengertian Classes atau Class Dalam Pemograman Berbasis Objek
Class adalah Cetak Biru atau blue print dari object. Cetak biru atau blue print itu sendiri hanyalah untuk membuat kerangka dasar dari beberapa object. dalam satu pemograman tidak dibatasi jumlah class didalamnya, begitu pula didalam satu class tidak dibatasi beberapa object didalamnya.
Analogi atau Studi Kasus Classes
Analogi atau studi kasus dari Class untuk menyederhanakan pemahaman misalkan kita akan membuat satu pemograman sederhana katakanlah kalkulator dengan program C++, didalam program tersebut kita akan membuat satu Class dengan nama Kalkulator dimana Class ini akan kita gunakan sebagai kerangka dari kalkulator dan didalam Class Kalkulator kita juga akan membuat dua property sebagai data yang akan dioperasikan yaitu Bilangan_pertama dan Bilangan_kedua, juga didalam Class Kalkulator tersebut kita akan membuat beberapa method atau function yang berfungsi untuk mengoperasikan kedua property tersebut diantaranya Penjumlahan, Pengurangan, perkalian, pembagian, dll. dari sini kita sudah mempunyai kerangka dari pemograman kalkulator sederhana yang bisa kita gunakan berulang ulang tergantung kebutuhan program yang kita buat dengan cara instantiation atau instansiasi.
Berikut contoh penulisan Class :
class kalkulator
{
// ini adalah class kalkulator
}
Pengertian Property
Property adalah data dalam suatu Class. Dari studi kasus diatas terdapat dua Property Bilangan_pertaman dan Bilangan_kedua, kedua data atau Property tersebut yang nantinya akan kita kelola atau operasikan dalam beberapa Method.
Berikut contoh penulisan Property :
class kalkulator
{
public : int bilangan_pertama, bilangan_kedua ;
// dua property bilangan_pertama dan bilangan_kedua
// keyword public : akan kita bahas pada lain kesempatan
}
Pengertian Method
Method adalah tindakan yang akan mengelola suatu data dari suatu Class. Dari analogi diatas terdapat beberapa Method diantaranya Penjumlahan, Pengurangan, perkalian, pembagian, dll. Beberapa Method tersebut yang nantinya akan mengelola kedua data diatas apakah akan dijumlahkan, dikuragai, dibagi, dikalikan dll.
Berikut contoh penulisan Method :
class kalkulator
{
public : int bilangan_pertama, bilangan_kedua ;
// Method penjumlahan
penjumlahan (int bilangan_pertama, int bilangan_kedua )
{
// jumlahkan bilangan_pertama dan bilangan_kedua
}
// Method pengurangan
pengurangan (int bilangan_pertama, int bilangan_kedua )
{
// kurangi bilangan_pertama dengan bilangan_kedua
}
// Method perkalian
perkalian (int bilangan_pertama, int bilangan_kedua )
{
// kalikan bilangan_pertama dan bilangan_kedua
}
// Method pembagian
pembagian (int bilangan_pertama, int bilangan_kedua )
{
// bagi bilangan_pertama dengan bilangan_kedua
}
}
Pengertian Instantiation atau Instansiasi
Instantiation atau Instansiasi adalah proses pembuatan Objek dari suatu Class. Dari contoh studi kasus diatas Class Kalkulator hanyalah blueprint atau kerangka kerja, untuk menggukan Class Kalkulator butuh satu proses untuk menjadikan objek dari Class kalkulator maka dari proses inilah yang disebut dengan instantiation atau instansiasi.
Berikut contoh instantiation atau instansiasi :
class kalkulator
{
// Method penjumlahan
// Method pengurangan
// Method perkalian
// Method pembagian
}
main()
{
int bil1, bil2 ;
// proses instansiasi
kalkulator jadikan_objek ;
jadikan_objek.penjumlahan(bil1, bil2);
}
Apa manfaat dari Classes diatas
Dari Classes dan studi kasus sederhana diatas terlihat hanyalah membuat kita semakin kesulitan dalam membuat suatu program, akan tetapi perlu diingat dalam membuat suatu aplikasi tentunya program kita akan memiliki line code (Kode Baris), bisa jadi 1rb baris code, 10rb baris code, 100rb baris kode bahkan jutaan baris kode yang tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan kode program yang sama, sehingga dengan konsep OOP (Object Oriented Programming) Kode baris program tersebut kita percah menjadi beberapa Class atau beberapa file, dimana nantinya akan membentuk modul-modul program, inilah yang sering kita sebut modularity.
